Selasa, 22 Mei 2012

Cara Mengenali Calon Mertua

 
 
Wah bicara soal Camer atau Calon Mertua, pasti pada dag dig dug der.... apalagi yang baru pertama ketemu sama calon Camernya.... eeeuuyy... rasanya pasti nendang-nendang, hahahahaha alay lah yau...
Berikut sedikit cara mengenali camer dan cara menyikapinya :







1.      Camer Galak
Serba-serbi : camer galak tidak cocok sama kamu-kamu yang penyayang binatang. Bisa aja kamu dateng waktu bawa hamster, camer kamu bilang, “abrakan koyo ngono we diingu, nggo ngopo!” artinya dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar kurang lebih seperti ini, “barang kaya gitu dipelihara, buat apa!” hahahahaha kalo camer bilang gitu, pasti kamu-kamu langsung nyalinya menciut udah diem, terus ngerasa bersalah. Karena kebanyakan Camer Galak itu nggak suka sama binatang, binatang perlu perawatan ekstra, sedangkan orang-orang yang galak cenderung nggak suka merhatiin orang lain.
Cara Menyikapinya : kalau camer kamu tipe galak, maka kamu harus punya kuping yang tebal dan hati yang luas. Pokonya harus sabar banget buat deketin camer kamu, harus kreatif dan atraktif untuk mencairkan kebekuan camer.
2.      Camer Otoriter
Serba-serbi : ini adalah tipe seorang camer pemimpin, nggak cuma bagi keluarganya tetapi bagi kamu calon mantunya. Bagi kamu-kamu yang nggak suka diatur jangan harap bisa diterima deh sama camer kamu dengan tipe ini.
Contoh riilnya nih ya, misalnya kamu lagi jalan bareng sama keluarga cowok kamu ke kondangan, terus ada orang yang tanya, “wah...ini to calon mantunya Pak?”
Terus camer kamu itu menjawab, “bukan! cuma temennya!” Wah....kalau sudah dijawab seperti ini, kamu-kamu jangan merasa putus asa dan menganggap langit runtuh hancurkan jiwa kalian. Hahaha
Cara Menyikapinya : udah..tenang....camer seperti itu bukan berarti nggak setuju sama hubungan kamu dan pacar kamu, tetapi camer seperti itu berharap kamu itu sekolah dulu yang bener, kalau udah selesai, dapet kerja. Baru deh dapet predikat mantu...pokoknya kamu-kamu harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh camer kalau mau diterima dengan tangan terbuka.
3.      Camer Gaul
Serba-serbi : Camer gaul ini bukan berarti waktu kamu dateng langsung disambut dengan, “hey Brow...gimana kabar loe..” hahahaha bukan sampe gitu juga kali, camer gaul ini adalah camer yang berjiwa muda, membuat kita nyaman di keluarganya, dan yang terpenting kitalah yang memiliki tanggungjawab untuk tingkah laku kita. Pokoknya semuanya terserah kita asal kita bertanggungjawab, konsekuen dan konsisten maka hubungan asmara kita akan jalan terus bebas hambatan
Cara Menyikapinya : buat yang punya camer gaul, harap menjaga kepercayaan beliau ya...kalau udah dapet kepercayaan jangankan anaknya ibarat kata bulanpun akan  dibawa kepangkuanmu.
4.      Camer Cerewet
Serba-serbi : pengertian camer cerewet ada plus minusnya. Pengertian dari Sisi positifnya (+) : camer cerewet yang menyenangkan, alias pembahasan yang diungkapkan pastia adalah sebuah pembicaraan yang menyenangkan dan membuat kita nyaman. Pengertian camer cerewet dari sisi negatif (-) : cerewet dalam artian ini adalah semua yang ada dalam diri kamu-kamu di beri komentar gratis dari A sampai Z tanpa ada jeda sedikitpun, ini membuat kita nggak nyaman sama sekali, pikir dua kali lagi kalau punya camer seperti ini.
Cara Menyikapinya : wah-wah kalau punya camer tipe ini, jangan khawatir kehabisan bahan obrolan deh. Pasti ada aja yang diobrolin, dari ngobrolin kebiasaan anaknya (pacar kamu) sampai ngobrolin artis-artis yang sebenarnya kamu nggak tahu. Kuncinya, kamu harus jadi pendengar yang baik dan selalu memberi senyum manis.
5.      Camer Sok Perfect
Serba-serbi : ini tipe mertua yang suka banget ngatur intinya kaya lagunya Dewiq, -nggak boleh begini, nggak boleh begitu, harus apa lagi...harus apa lagi...- hahahaha ya kurang lebih seperti itulah. Pokoknya kita sebagai calon pendamping buat anaknya ‘harus’, ‘wajib’ dan ‘mutlak’, seperti dan sesuai dengan keinginan camer baik dari ujung kaki sampai ujung rambut (maaf bahasa yang berlebihan). Salah sedikit saja kita, langsung bisa di out dari peraaban dunia permantuan
Cara Menyikapinya : kalau kebetulan kamu-kamu punya camer seperti ini, waduh...kamu juga harus seseorang yang perfect juga, jadi bisa mengimbangi camer kamu yang juga super perfect.
6.      Camer Matre
Serba-serbi : hem.....nggak usah dijelaskan lagi, semua pasti sudah tau tentang predikat matre, semua yang ada di kita dinilai dengan uang, memang uang adalah racun dunia kata orang-orang sih “ada uang pacar disayang, tak ada uang pacar ditendang”.
Cara Menyikapinya : kalau kamu diposisi ini, maka kamu harus memang mapan secara materi dan memiliki pribadi yang unggul (mobil pribadi, rumah pribadi, villa pribadi dsb ) hehehe. Sabar aja deh ya...karena nggak ada gading yang nggak retak, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh jua dan juga roda pasti berputar nggak selamanya di bawah begitu juga sebaliknya...pokoknya..harus semangat 45 agar bisa menyadarkan dan diterima oleh camer matre tersebut.
7.      Camer Pelit
Serba-serbi : ini kebalik dari tipe camer no.6. Pelit bisa karena 2 hal : yang pertama, pelit karena irit banget dan yang kedua pelit karena nggak mau sesuatu itu berkurang sia-sia kepada orang lain. Amit-amit memang...tapi kalau udah cinta sama anaknya, maka kamu harus terima dengan tangan terbuka apa-adanya.
Cara menyikapinya : kalau kamu punya camer pelitnya minta ampun...maka kamu jangan sekali-kali minta, usahakan kamu cari sendiri, berusaha sendiri tanpa mengganggu gugat apa yang udah dimiliki camer, itu cara amannya.
8.      Camer Super/Terlalu Perhatian
Serba-serbi : siapa sih yang nggak suka diperhatiin? Apa lagi sama camer, senengkan punya mertua yang sayang sama kita dan perhatian sama kita? Wah pasti bangga banget punya mertua seperti itu,serasa sama ortu kandung. Akan tetapi segala sesuatu kalau sudah pake kata-kata “Terlalu” itu akibatnya juga nggak nyenengin. Perhatian itu membuat kita nyaman, tapi ‘terlalu perhatian’ malah kadang membuat kita begah, bikin sembelit :D hehe apa-apa nggak bisa...mau makan dibilang,”nak....makannya di rumah aja ya....lebih steril lho, nggak ada kumannya.”
Pengen liat TV ampe malem, “nak...udah jam 9, tidur ya....nanti sakit.” Kalau kita ogah, pasti deh ditungguin.
Cara menyikapinya : punya camer seperti ini, harusnya kita lebih bisa menyikapinya. Buatlah camer kita melihat bahwa kita ini adalah orang yang punya potensi, bukan manusia yang impoten, biarkan camer kita itu tahu, bahwa kita adalah anak yang mandiri dan mampu bertanggungjawab akan diri sendiri, nggak perlu di dekte a,i,u,e,o agar bisa terarah.
9.      Camer Kolot
Serba-serbi : kolot disini saya samakan dengan orang yang masih berfikiran tradisional. Kalau sudah berbicara masalah adat, tradisi, dan kebudayaan, kita emang nggak bisa lagi berbuat apa-apa. Misalnya aja, baru aja kita dibawa pacar kerumah, udah ditanyain “berapa tanggal lahirnya? Wetonnya apa? Rumahnya dimana? Anak keberapa?” Terus ntar kalau sekiranya tanggal lahir anaknya nggak cocok sama tanggal lahir kita, langsung aja deh,”Kamu putus sama dia, atau nanti kalau kamu nekad nikah sama dia bisa dimakan Bethara Kala” hahahahaha
Cara menyikapinya : kalau sudah menyangkut seperti ini, no coment deh, soalnya biasanya pendirian orang tua yang seperti ini terlalu keukeuh sehingga suliiiiiiiiit sekali digoyahkan. Siap-siap patah hati ya....tapi jangan lama-lama, segera bangkit dan cari pacar lagi.
10.  Camer Norak
Serba-serbi : aduuh gimana ini nerjemahinnya ya? Kalau masalah norak itu menurut bisikan-bisikan yang masuk ketelingaku (anak-anak kosan yang dari tadi cekikikan baca tulisanku), mereka bilang : camer ini pengen sekali lagi berjiwa muda, dianggap muda dan bisa muda lagi. Jadilah camer yang berpenampilan seperti anak muda tetapi nggak nyambung sama sekali. Bukannya cantik atau ganteng, tapi malah norak dan katrok. Pasti bikin kita mati kutu kalau jalan bareng camer yang seperti ini.
Cara menyikapinya : nah kalau camer kamu udah stadium norak, kamu harus bisa berusaha deket sama beliau, kemudian sedikit demi sedikit kita memberi masukan tentang gaya yang tampil muda tetapi sesuai dengan usia beliau, tentunya kita harus bisa sopan mengatakannya, jangan sampai menyinggung.

Nah itu tadi 10 tipe camer, maaf jika nggak nyambung dan sedikit ngawur, namanya juga hiburan, jangan dimasukin hati. Terimakasih buat anak-anak Kost En-En yang udah kasih masukan-masukan gokiel tentang naskah ini.hahahaha (saya janji, suatu saat saya akan membuat catatan tentang kalian).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar