Senin, 07 Mei 2012

LHA DALAH

LHA DALAH
Judul : YEN MBOTEN PERCAYA, MANGGA……………..

Saat berduaan harus tahu situasi, kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan J. Pasutri berduaan dan lagi puber kedua boleh-boleh saja, namun pandangan orang mungkin akan berbeda. Tetapi mungkin benar pepatah jawa mengatakan, “sak  beja-bejane uwong, luwih bejo wong sing NGEYEL  kelawan waspodo”.
Ini adalah pengalaman Dul Kenthut dan Yu Cebret, mereka merupakan salah satu dari beberapa pasangan suami istri yang paling heboh, paling hot, paling romantis lan paling poooooll nempel kelet bak prangko dan amplopnya.
Beberapa bulan ini Dul Kenthut mendapat rezeki untuk membeli mobil second. Nah, acara menjenguk Moli Geli, anak semata wayang mereka yang sekolah di salah satu SMA terkenal di Solo ini sebenarnya juga dikarenakan pasutri gaul ini akan memamerkan hasil jerih payah mereka selama menjadi petani sayur yang lumayan sukses di Boyolali kepada putri mereka.
“Nduk…Bapak wis tumbas mobil,
timbanga kudanan. Bapak kan wis selot tuwa, gampang masuk angin.”
Moli Geli mengiyakan dan menyetujui keputusan ramane, karena memang kasian jika tiba musim hujan dan harus melakukan perjalanan jauh dengan motor.
Sepulang dari menjenguk anaknya, ditengah jalan Dul Kenthut mampir POM untuk mengisi tangki bahan bakarnya,.
“Bu’ne, mengko leren neng taman kota pinggir dalan kana ya?”
“halah-halah…..bapakne ki lho? Napa mpun kesel?”
“yo ora bu’ne, lha arep gek ngapa yok’an yen tekan ngomah?” Jawab Dul Kenthut penuh rayu.
Akhirnya setelah dari POM pasutri itu mencari tempat  yang nyaman di tepi jalan yang biasanya banyak  ditemukan muda-mudi pacaran. Ndelalah pada waktu itu og tidak ada satupun pasangan yang haha hihi di tempat itu. Setibanya di taman, Dul Kenthut langsung ngglimpung di suketan.
“Haduh bu’ne….awakku kesel pol, mau esuk macul nganti sore, mbok yo dipijeti to bu’ne….”
“Biyuh….bapakne ki lho,,, aku ya kesel mepeni gabah mau awan. Kene tak jiwitane Pak………” Jawab Yu Cebret dengan genitnya.
Sepontan pasutri ‘berkepala-4’ itu cekikikan gojeg ala ABG, ngobrol ngalor ngidul mengenang masa-masa sulit dulu. Sebelum akhirnya ada mobil berhenti di depan mereka.
“Selamat malam Bapak-Ibu, bisa ikut kami ke kantor sebentar? ” Tanya Pak Polisi tiba-tiba.
“Lho Pak,,,,wonten napa? Kula mboten colong jupuk napa-napa?” Sahut Dul Kenthut domblang-domblong.
“Bapak-Ibu bisa bicara di kantor nanti jika bapak-ibu bukan pasangan selingkuh yang sedang mesum” Jawab Pak Polisi berwibawa.
“Lha Dalaaaahhh….. Mas Polisi ki kepiye toh? Iki bojoku ya Mas……niki KTP-ne………………, ki enten tulisane ’kawin’! Njih to?????” Yu Cebret mulai ngeyel sambil menunjukkan KTP-nya.
“Bapak-Ibu ke kantor dulu, nanti dijelaskan disana….” Kata Pak Polisi yang mulai mangkel.
“Weeeggggaaaahhh Pak!!!! Niki bojo kula, sanes pasangan selingkuh, yen mboten pitados monggo teng griyo kulo Pak. Kulo dudohi Kartu Keluargane lengkap sak surat nikahe, mertuo kula, saksi-saksi pas nikah kula, naib sing ngijabne kula,,,,,,,Mangga Pak…?!” Yu Cebret tetep ngotot sambil pethita-pethithi cincing rok.
Sambil tersungut-sungut Pak polisi itu menjawab, “Ya wiissss,,, Bapak-Ibu ampun pacaran wonten mriki, hormati bulan ramadhan, nanti malah ada yang ikut-ikut pacaran di tempat ini…”
“Oaaallaahhh Mas Polisi kok ngeyel to? niki mung leren kekeselen, mnoten pacaran…..#@$%^ &*(*&&^^ %^&**()” Yu Cebret tetep ngueyel panjang lebar kali tinggi, sementara Pak Polisi sudah pergi, tidak tahan mendengar betapa cerewetnya Yu Cebret.
Sedangkan Dul Kenthut tertegun memandang istrinya. “Wis bu’ne, ke Bapak Polisi wis lunga, welleeehhh wellleeeh Bu’ne, lha kok malah galak kowe to Bu’ne?  wah bejane wong ngeyel tenan jane..” Keduanya pun cringas-cringis sebelum akhirnya ngacir pulang. (nay)

(kisah nyata  yang diceritakan kembali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar