Selasa, 08 Mei 2012

SELAYANG PANDANG TENTANG HIMABIKO

Guys....Udah tau belom apa itu HIMABIKO? emm...ni yah sekedar berbagi info...
HIMABIKO singkatan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling jadi itulah organisasi mahasiswa bimbingan dan konseling dan mewadahi seluruh kegiatan mahasiswa bimbingan dan konseling yang ada di FKIP Universitas Sebelas Maret
HIMABIKO berdiri pada tanggal 3 Maret 2009, sedangkan untuk pelantikan pengurus HIMABIKO yang pertama dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2009 dan HIMABIKO secara legal diakui fakultas pada bulan  Desember 2009.
Nah...sebuah organisasi nggak mungkin bisa lepas dari Visi dan Misi, oleh sebab itu HIMABIKO juga telah mempunyai visi misi yang jelas so pasti tidak abstrak seperti lukisannya Pak Affandi .... :)

Visi dari HIMABIKO FKIP UNS Surakarta :
Himabiko sebagai pusat informasi dan kegiatan kemahasiswaan
Misi Dari HIMABIKO FKIP UNS Surakarta :
1.      Membentuk kesolitan dan membangun keprofesionalan pengurus.
2.      Mendorong terbentuknya mahasiswa yang kreatif, bermoral, berkarakter kuat dan mampu berprestasi.
3.      Membangun sikap proaktif mahasiswa terhadap perkembangan Bimbingan dan Konseling
Sekarang pengen tahu juga khan siapa-siapa aja pengurus di HIMABIKO periode 2011/2012, siapa tahu mau kenalan sama mbak-mas yang imut-imut ini :)
Jabatan                                        Nama                                        Kelas
Ketua Umum                            :    Himawan Catur Yoga                   5B
Sekretaris Umum                      :    Divasari Ardi Pertiwi                    5A
Bendahara Umum                     :    Nika Musrifah                             5B
                                                       Benty Wiharani                           3B
Departemen Kerumahtanggan (KRT)
Ketua Departemen                    :    Muji Lestari                                  5B
Bidang Personalia                         
       Ketua                                 :    Ahmad Jawandi                            5B
       Staf                                    :    Ayu Ratna Yulianti                        3B
Bidang Kewirausahaan                 
       Ketua                                 :   Ferisa Prasetyaning Utam  i            3A
       Staf                                        Candra Puspita Anggraeni              3B 
                                                     Ika Dara Husna                              5B
                                                     Nur Aini                                         5B
                                                     Mayda Anisa Resti                         5B 
Bidang Pengembangan Organisasi                                                    
       Ketua                                 :    Henrika Dewi Anindawati             5A
       Staf                                    :    Annisa Ramadhani                        5B 
                                                      Athia Tamyizatun                          3B 
                                                      Farida Anastika                            5A
                                                      Windi Admini                               5A
Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA)
Ketua Departemen                    :    Ilmi Dian Asrini                              5B
Bidang Peningkatan Kecakapan Anggota (PKA)                                        
       Ketua                                 :    Ipung Hananto                              5B
       Staf                                    :    Dani Wijanarko                             5B
                                                      Dhea Ajeng Gading P.                   5A
Bidang Kerohanian                      
       Ketua                                 :    Iyut Cintokowati                            5B
       Staf                                    :    Deddy Indra Hermawan                 3B
Bidang Olahraga                      
       Ketua                                 :    Wisnu Ana Saputra                        5A
       Staf                                    :    Puguh Prastyawan                          3B 
Bidang Kesenian                      
       Ketua                                 :    Ulva Nikmaturohma                        3B
       Staf                                    :    Septiana Dewi I.                             3B  
                                                       Farida Wiana Dewi                       3B   
Departemen Akademik dan Profesi (Akpro)
Ketua Departemen                    :    Raras Putri Prameswari                   5B
Bidang Penelitian dan Pengembangan Keilmuan BK                               
       Ketua                                 :    Afreilya Nisa Nur. R.                      5A
       Staf                                    :    Latifatun Sab’ah                              3B 
                                                       Eka Fitriana                                   3B  
                                                       Sekar Restika Wibowo                  3A 
Bidang Peningkatan dan Pengembangan Keahlian BK                            
       Ketua                                 :    Rina Setyawati                                3A 
       Staf                                    :    Anieq Diyanah                                5A  
                                                       Fadlia Dewi Prasanti                      3A  
                                                      Frisilia Iryana Ambar Wati               5A 
                                                      Sarniyanti                                        3A  
                                                      Andri Wahyaningrum                      3A  
Bidang Sosial & Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat                  
       Ketua                                 :    Niken Rithmayanti                           5A  
                                                       Dyah Ayu Novitasari                      5B  
                                                       Niken Dwi Saputri                         3A 
Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom)
Ketua Departemen                    :    Rosi Arde Kurniasti                          5A  
Bidang Media & Publikasi           
       Ketua                                 :    Alip Agung Prasetyo                        5B  
       Staf                                    :    Alin Kurtisa Ajar                              5B 
Bidang Hubungan Antar Anggota                                                    
       Ketua                                 :    Giri Isna Putra                                 5B  
       Staf                                    :    Novi Gilang P.                                 5A  
                                                      Oky Puspita                                    5B  
Bidang Hubungan Antar Lembaga                                                                
       Ketua                                 :    Rhozifah Asmi                                 5B 
       Staf                                    :    Annisa Fadlia Zaen                          3B  
Bidang Hubungan Masyarakat & Alumni                                                      
       Ketua                                 :    Intan Nastiti                                     5B 
       Staf                                    :    Indah Widyastuti                              3B  

Nah Guys...penjelasan diatas tadi baru pengenalan tentang HIMABIKO saja, ibarat kata orang mau lari pagi, diatas tadi baru menggunakan sepatu belom lari beneran ;D sekarang kita mulai lari beneraan yaaa...bersediaaaa siaaappp……yuk yaaa…hahahahaha
Sekarang ke pembahasan yang lebih berat, buka mata hati, pikiran dan jiwa ;) biar bisa memahaminya. .
 

GARIS-GARIS BESAR HALUAN PENYUSUNAN PROGRAM KERJA
HIMABIKO FKIP UNS 2011-2012
A. Dasar Penyusunan
Himabiko sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan yang menghimpun seluruh aktivitas mahasiswa di lingkup program studi Bimbingan dan Konseling dalam merealisasikan visi dan misi perlu adanya suatu program kerja. Program kerja ini tidak serta merta disusun tanpa sebuah pedoman, karena eratnya pencapaian tujuan utama dengan perencanaan serta pelaksanaan program kerja. Diperlukan adanya suatu garis-garis haluan penyusunan program kerja dengan mengacu pada visi dan misi Himabiko dalam periode jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
Dasar pokok penyusunan program kerja Himabiko harus mengacu pada 3 hal berikut:
1.      Bermanfaat bagi anggota baik secara akademik profesi maupun kemampuan-kemampuan pengembangan potensi dan bakat dalam hubungannya dengan kompetensi Bimbingan dan Konseling.
2.      Membantu program studi dalam memberikan citra baik serta memajukan program studi, mendukung proses akreditasi yang sedang berjalan.
3.      Pemberdayaan serta pengabdian kepada masyarakat.
Selain mengacu pada ketiga hal pokok tersebut dalam hal tujuan penyelenggaraan program kerjanya. Dalam penyusunan juga perlu mempertimbangkan hal berikut:
1.      Kreatif, artinya program kerja yang dilaksanakan adalah kegiatan yang berasal dari ide-ide kreatif pengurus, unik, belum pernah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa lain atau organisasi lain.
2.      Pendanaan, artinya dana yang dikeluarkan tidak mengurangi kas Himabiko atau justru memberikan kontribusi pemasukan bagi kas Himabiko.
3.      Personil, artinya melihat skala kegiatan. Pelibatan jumlah personil menyesuaikan skala kegiatan, untuk efisiensi program kerja.
4.      Perencanaan, program kerja perlu direncanakan sedetail mungkin dan perlu adanya kontrol/pengawasan rutin dari semua pihak terutama Ketua dan Sekretaris Departemen.
Oleh karena itu sangat penting kiranya diperlukan perencanaan program kerja yang baik, pelaksanaan yang kooperatif, kepemimpinan dan manajemen yang baik, kontrol dan pengawasan dari semua pihak, serta dukungan moril dan materiil.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari pedoman ini adalah sebagai acuan dalam penyusunan program kerja pengurus HIMABIKO periode 2011-2012.
C. Administrasi
1.      Administrasi program kerja disusun melalui suatu lembar kerja yang tertulis dan diketahui seluruh pengurus (format terlampir).
2.      Administrasi program kerja dilaksanakan dalam sebuah proposal program kerja dan dilaporkan dalam bentuk Laporan pertanggung jawaban (Lpj) dan perlu menampilkan transparasi keuangan.
3.      Program kerja disusun sesuai dengan pedoman deskripsi tugas setiap pengurus.

D. Personil
1.                  Personil, adalah orang-orang yang terlibat dalam suatu kepanitiaan kerja.
2.                  Personil ditetapkan oleh Ketua Departemen, apabila melibatkan pengurus dalam departemennya. Apabila melibatkan pengurus diluar departemennya, maka harus merujuk ke bidang administrasi dan personalia untuk meminta tambahan personil. Kemudian bidang administarsi dan Personalia akan memberikan daftar personil yang dibutuhkan.
E. Pendanaan
1.      Pendanaan kegiatan berasal dari iuran mahasiswa diluar kas Himabiko, (berlaku hukum jula-beli).
2.      Apabila ada kekurangan modal dalam pelaksanaan program kerja dapat menggunakan kas Himabiko, dan wajib dikembalikan oleh kepanitiaan (kecuali program-program tertentu).
F. Kepanitiaan
1.      Ketua Panitia dipilih bersama oleh bidang disetujui Ketua Departemen, atas pertimbangan penanggungjawab program kerja.
2.      Kepanitiaan disusun oleh Ketua Panitia, dan hak sepenuhnya pada ketua panitia, baik pada struktur maupun tugas dan posisi masing-masing.
3.      Panitia Program kerja disebut dengan Panitia Kerja (Panja), dan Panitia pelaksana program khusus diluar rencana program kerja disebut dengan Panitia khusus (Panjasus), panitia dengan tugas khusus kemudian disebut Panitia Khusus (Pansus).
G. Pertemuan-Pertemuan
Pertemuan-pertemuaan untuk membahas perencanaan program kerja dan pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
1.      Rapat Konsolidasi Pimpinan, kesatuan gerak dan langkah pimpinan, dipimpin oleh Ketua Umum.
2.      Rapat Konsolidasi Umum, kesatuan gerak dan langkah seluruh pengurus, dipimpin oleh Ketua Umum
3.      Rapat Konsolidasi Departemen, kesatuan gerak dan langkah seluruh pengurus departemen, dipimpin oelh Ketua departemen.
4.      Rapat Kerja Umum, Rapat pembahasan program kerja dihadiri seluruh pengurus, dipimpin oleh Ketua Umum/Sekretaris Umum.
5.      Rapat Kerja Departemen, rapat pembahasan program kerja dihadiri seluruh pengurus departemen masing-masing, dipimpin ketua/sekretaris departemen
6.      Rapat koordinasi Departemen, rapat koordinasi mengenai departemen selama masa pelaksanaan program kerja departemen, dipimpin oleh ketua/sekretaris departemen.
7.      Rapat koordinasi Pimpinan, rapat koordinasi pimpinan selama masa pelaksanaan program kerja, dipimpin oleh ketua/sekretaris umum.
8.      Rapat koordinasi bidang, rapat koordinasi dipimpin oleh ketua bidang, baik didalam maupun diluar rapat depertemen.
9.      Rapat evaluasi, dilaksanakan 3 bulan sekali, dihadiri seluruh pengurus, dan dipimpin oleh Ketua/sekretaris Umum. Dilaksanakan penyampaian laporam oleh Ketua/sekretaris Departemen kepada Ketua Umum dalam periode masa pelaksanaan program kerja 3 bulan.
H. Format Program Kerja
Dengan penjelasan sebagai berikut:
1.      Program Kerja, adalah program kerja yang direncanakan/ akan dilaksanakan.
2.      Tujuan, adalah tujuan dilaksanakannya program kerja.
3.      Penanggungjawab (Pj.), adalah penanggung jawab pada bidang untuk terlaksananya program kerja.
4.      Skala, adalah tingkat kebutuhan personil dalam suatu pelaksanaan program kerja. Sebagai acuan bidang administrasi dan personalia dalam melakukan rotasi tugas kepanitiaan.
a.       Skala Kecil, melibatkan 2-14 personil panitia
b.      Skala Menengah, melibatkan 15-30 personil panitia
c.       Skala Besar, melibatkan, melibatkan >31 panitia
I. Prosedur Penetapan Program Kerja
1.      Program kerja kerja disusun dalam suatu rapat kerja departemen.
2.      Program kerja kemudian dibahas dan ditetapkan dalam rapat kerja umum.
J. Kas Himabiko
1.         Pengeluaran dan pemasukan kas Himabiko harus dengan sepengetahuan ketua umum
2.         Kas Himabiko akhir akan dikembalikan kepada anggota, dikurangi biaya-biaya administrasi, sosial, kerugian pelaksanaan program kerja, pembelian asset, biaya pelantikan dan perekrutan pengurus baru dan modal untuk pengurus baru, serta lain-lain yang belum terduga.
3.         Kas Himabiko akan diberikan transparasi pelaporan dananya setiap dua bulan sekali melalui majalah BK.
4.         Kas himabiko disimpan dalam bentuk rekening bank.
5.         Kegiatan diluar struktur Himabiko tidak dimungkinkan menggunakan dana dari kas Himabiko kecuali atas pertimbangan tertentu
K. Perubahan-Perubahan
Garis-Garis Besar Haluan Penyusunan Program Kerja (GBHPK) ini masih sangat dimungkinkan terjadinya perubahan. Perubahan-perubahan dalam GBHPK ini akan disampaikan kemudian. GBHPK ini berlaku selama masih belum diberlakukan perubahan.
Ditetapkan di Surakarta, 23 Agustus 2011
Ketua Umum
(Himawan Catur Yoga)

Itu tadi penjelasan yang cukup panjang lebar dan kali tinggi tentang HIMABIKO semoga lebih memahami dan makin cintaa deh sama HIMABIKO :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar