Sabtu, 09 Juni 2012

MENU PENANGKAL FLU


LIMA MENU SARAPAN PENANGKAL FLU

Siapa sih yang gak pernah kena flu? so pasti bikin semua jadi berantakan...bersin terus, idung meler, kepala pusing...wah rasanya campur aduk yah...emang bener sih kata pepatah "lebih baik mencegah dari pada mengobati." tapi gimana caranya? ahaaaa :D disini akan berikan beberapa tips yang mudah dan tentunya berkhasiat :) selamat membaca yaaa....


Pada saat cuaca yang ekstrem, biasanya tubuh mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Terkadang kekebalan tubuh menurun, sehingga kehilangan kemampuan untuk menangkal virus. Biasanya flu menjadi penyakit nomor satu yang mudah menghampiri. Untuk menghindarinya, Anda cukup menambahkan beberapa pilihan bahan ini pada menu sarapan Anda seperti dikutip pada Vivanews.
1.       BUAH KIWI
Buah ini setara dengan vitamin 90 hingga110mg, takarannya lebih banyak dari jeruk yang selama ini lebih dikenal sebagai sumber vitamin C. Kiwi juga umber potassium, mineral penting untuk menguatkan otot dan syaraf. “Kiwi adalah kemasan flavonoid dan karotonoid antioksidan yang dapat membantu kesehatan sistem pernafasan dan kerja jantung yang optimal.” Jelas Suki Hertz,MS,RD, profesor gizi di Culinary Institute of America.
Akibatnya buah ini angat baik untuk mempertahankan imun tubuh. Untuk sarapan pagi, Anda cukup menambahkannya pada salad atau mencampurkan potongan kiwi ke dalam yogurt.
2.       BUAH PEPAYA
Untuk sarapan pepaya yang bersifat sebagai antiinflamasi ini sangat dianjurkan. Buah ini juga banyak mengandung vitamin C yang akan memasok 313 persen kebutuhan vitamin anda setiap harinya. Menurut Hertz, betakaroten pada pepaya adalah phytonutrisi yang akan dikonversikan menjadi vitamin A untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan mata, kulit dan membran mukosa.
3.       GANDUM
Tentu anda sudah biasa dengan sarapan roti gandum. Selain roti, biji gandum murni juga dapat diselipkan pada menu sarapan saat flu yang biasanya mengikuti cuaca dingin ini. Vitamin dan lemak dari biji gandum ini dapat membantu memberi kekebalan tubuh yang baik. Demikian juga dengan vitamin E dan antioksidan yang bekerja memerangi peradangan. Hertz menyarankan untuk menaburkan biji gandum ini pada sereal, oatmeal, atau yogurt.
4.       TELUR
Pilih kuning telur yang lebih banyak memberi manfaat dibandingkan putih telur. Kuning telur merupakan sumber selenium , mineral kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian tentang telur ini membuktikan bahwa kuning telur memang berpotensi pada kolesterol, tetapi kuning telur ini mengandung lemak jenuh yang relatif rendah.
5.       JAHE
Jika anda ingin melakukan gerakan cepat untuk menangkal gejala flu, jahe juga mampu mengurangi gas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Seduh irisan jahe segar dalam teh untuk minuman usai sarapan.
Artikel ini diambil dari Koran JOGLO SEMAR, Kamis, 7 Juni 2012.
.
^-^ SEMOGA BERMANFAAT ^-^

1 komentar:

  1. Using Car Rental 8 you can find the most affordable rental cars from over 50000 locations globally.

    BalasHapus