VERBATIM KONSELING INDIVIDUAL
Keterangan : Verbatim ini langsung menceritakan pada pertemuan ketiga, untuk pertemuan
kesatu dan kedua akan diceritakan hasil dari pertemuannya saja. Selain
kesimpulan, juga akan diceritakan jalan
keluar yang diambil oleh klien. Setelah melakukan konseling pertama dan kedua
maka dilakukan homevisit kepada klien, baru selanjutnya konseling pertemuan
ketiga.
Nama Klien : S.L.C.G.
Tanggal lahir : 22 Juli 1998
Kelas :
IX-A
Permasalahan : Bimbang memilih studi lanjut
1.
Konseling Pertemuan Pertama :
Klien mengungkapkan bahwa dia disuruh
oleh orang tuanya masuk SMA dan nanti mengambil jurusan IPA, untuk itu mulai
dari sekarang klien sudah harus meningkatkan kemampuannya dalam mapel IPA agar
tidak kaget waktu masuk SMA. Akan tetapi klien menjadi malas, karena dia
memiliki cita-cita ingin menekuni di bidang sastra saat kuliah nanti, untuk itu
dia ingin masuk SMA tetapi jurusannya Bahasa. Saat mengungkapkan keinginannnya
masuk SMA nanti. Setelah dilakukan pengungkapan ternyata klien memiliki
pemahaman bahwa kalau ingin masuk kuliah jurusan bahasa, SMA-nya juga harus
jurusan bahasa. Klien kurang memahami tentang studi lanjut, untuk itu di
terangkan tentang studi lanjut.
Hasil pertemuan klien akan mengatakan
kepada orang tuanya bahwa dia ternyata cuma salah pemahaman, dan dia mau nanti
masuk jurusan IPA. Les juga akan diikutinya agar nanti dia mendapatkan beasiswa
prestasi.
2.
Konseling Pertemuan Kedua :
Pada konseling kedua ini praktikan
sudah melihat nilai raport klien dari kelas VII sampai kelas IX. Nilai klien
bisa dibilang rata-rata, tidak menonjol dalam suatu bidang nilai IPA dan IPS
juga relatif sama. Dalam konseling kedua ini klien mengungkapkan bahwa dia
sudah memberitahu orang tuanya dan menuruti nasihatnya. Orang tua klien menyuruh
klien untuk belajar dengan tekun agar nilai-nilainya bagus sehingga dia bisa
masuk sekolah favorit. Namun ternyata klien menceritakan lagi bahwadia kurang
begitu suka dengan pelajaran berhitung.
Hasil dari pertemuan klien memahami
bahwa memang kalau tidak bisa dia harus mau belajar, kalau dia tidak belajar
dia tidak akan bisa. Klien berjanji akan membuat catatan yang rapi dan banyak
berlatih soal agar kemampuan berhitungnya meningkat.
Home visit :
Setelah melakukan konseling kedua
dilakukan homevisit guna menambahkan informasi yang sudah dilakukan dikonseling
pertama dan kudua. Tujuannya agar dalam konseling ketiga nanti klien sudah
mampu mandiri mencari solusi dari permasalahannya.
Hasil dari Home visit, orang tua
memperhatikan sekali tentang semua yang menyangkut belajar anak. Apabila di
rumah klien juga sering belajar sendiri, belajar dengan orang tuanya, atau
belajar kelompok bersama teman-temannya. Orang tua juga menyempatkan untuk
memeriksa catatan klien, tetapi sejauh ini tidak menemukan sesuatu yang
mencurigakan. Biasanya yang ditemukan hanya coretan-coretan yang tidak penting.
Untuk masalah studi lanjut orang tuanya berharap anaknya tidak salah pilih
jurusan nantinya, kalau nanti masuk SMA-Bahasa orang tuanya khawatir dia akan
kesulitan saat SNMPTN.
3.
Konseling Pertemuan Ketiga :
Pada konseling ketiga, klien telah
membuat janji akan bertemu lagi saat jam pulang sekolah di depan kelas IX-A
PENDAHULUAN
|
||
Klien
|
Siang Buk….
|
|
Praktikan
|
Iya selamat siang Dek…dari mana kok dari arah sana (utara)?
|
Menyambut kehadiran Klien
|
Klien
|
Tadi ketemu temen dulu Buk……apa ibu sudah lama nunggu saya di sini?
|
|
Praktikan
|
Belum kok Dek….bagaimana tadi pelajarannya? Lancar?
|
|
Klien
|
Ya gitulah Buk…masa sehari ulangan semua Buk….shock saya Buk…
|
|
Praktikan
|
Tapi bisa mengerjakan bukan?
|
|
Klien
|
Bisa sih Buk…tapi enggak tahu hasilnya bagaimana
|
|
Praktikan
|
Tapi sebelumnya coba ceritakan lagi, pertemuan pertama dan kedua kemarin
kesimpulannya apa? Hayow masih ingat tidak
|
|
Klien
|
Masih dong Bu…yang pertama kemaren kan saya ternyata salah paham Buk
tentang jurusan di SMA, jadi malu sendiri Buk. Ternyata bapak saya bener
bilangnya
|
|
Praktikan
|
Iya…Lalu?
|
|
Klien
|
Nah pertemuan kedua kemaren saya berusaha menyenangi pelajaran berhitung
Buk, kemarin saya dibelikan latihan soal Buk, trus ada cara praktis menjawab
jadi penasaran saya Buk
|
|
Praktikan
|
Wah Adek ternyata masih ingat ya…dan saya bangga lho ternyata Adek juga
melakukannya. Tetap semangat ya Dek.
|
|
Klien
|
Iya Buk..pasti itu..
|
|
Praktikan
|
Apakah sekarang adek masih ada yang mau diceritakan kepada ibu,
sampai-sampai bersemangat sekali tadi malam sms ibu katanya mau bertemu.
|
|
Klien
|
Hehehe Iya buk masih ada gimanaaa gitu Buk.
|
|
Praktikan
|
Baiklah, disini
kita akan berbincang-bincang lagi berkaitan
dengan masalah yang Adek hadapi. Tentu saja tujuannya agar masalah teratasi, bagaimana setuju?”
|
Menciptakan hubungan baik.
|
Klien
|
Iya Buk, lagian saya juga mau tenang, kan bentar lagi semesteran Buk,
nggak mau malah mikir kaya gini.
|
|
Praktikan
|
Untuk memahami
masalah Adek, ibu perlu beberapa
keterangan lagi. Tidak keberatan bukan? Tenang saja kerahasiaan terjamin kok.
|
|
Klien
|
Siap Buk, nanti saya akan cerita semua hal kepada Ibu……
|
|
Praktikan
|
Sekarang coba ceritakan kepada
Ibu, apa yang adek pikirkan, ceritakan
seluruhnya apa adanya. Sekali lagi percayalah saya jamin rahasianya.
|
Mendengar keluhan klien
|
Klien
|
Emmm apa ya Buk…..
|
|
Praktikan
|
Jangan ragu dek, cerita saja….apapun itu pasti saya dengarkan
|
|
Klien
|
Saya memang sudah les sih Buk, tapi saya takut tidak bisa membanggakan
kedua orang tua saya Buk…
|
|
Praktikan
|
Kalau ibu boleh tahu, membanggakan yang Adek maksud itu yang seperti
apa?
|
|
Klien
|
Ya bikin bangga Buk, nilai UAS bagus, UAN ntar juga bagus trus masuk SMA
favorit. Pati orang tua saya bangga Buk..
|
|
Praktikan
|
Em….begitu. apa lagi Dek?
|
|
Klien
|
Yaa gimana ya Buk, saya tu juga masih suka males-malesan Buk. Nilai mid
saya kemarin juga jelek. Saya kan jadi tambah pesimis Buk.
|
|
Praktikan
|
Sesuai keterangan yang telah adek berikan, memang benar permasalah
seperti itu harus diatasi. Tentunya ingin segera bisa tenang dan konsentrasi
belajar kan?
|
Mempersetujukan tujuan
|
Klien
|
Iya lah Buk…..lagian saya juga mesti siap dari sekarang, tujuan saya
harus jelas juga. Trus nggak malesan kaya gini.
|
|
INTI
|
||
Praktikan
|
Tadi adek mengatakan ingin membanggakan orang tua dan mengatakan lagi
bahwa nilai Mid nya kurang bagus. Bisa cerita kepada ibu lebih lanjut?
|
Mengumpulkan informasi (analisis)
|
Klien
|
Jadi begini Buk…saya itu udah ikut bimbel,,,ikut les disekolahan,,,tapi
kok ya nilai mid saya jelek. Orang tua sih tidak marah Buk waktu melihat
hasilnya. Tapi saya tahu pasti orang tua saya kecewa.
|
|
Praktikan
|
Mengapa adek bisa tahu kalau orang tua adek kecewa?
|
|
Klien
|
Ya…bapak cuma bilang besok belajarnya dibenahi. Trus ibu juga cuma
mengatakan ya udah nggak apa-apa, besok dibenahi lagi. Saya malah jadi nggak
enak.
|
|
Praktikan
|
Tetapi adek juga mengatakan bahwa katanya sudah mulai senang berlatih
soal dan menemukan cara baru belajar?
|
|
Klien
|
Iya Buk…tetapi saya malah paham yang jelasin guru bimbel saya Buk kalau
mapel berhitung. Kan saya juga ikut les di sekolahan Buk?
|
|
Praktikan
|
Em…jadi selain di sekolah adek juga mengikuti bimbel. Begitu?
|
|
Klien
|
Iya buk, dan penjelasannya antara di sekolah dan di luar sekolah itu
saya ngrasanya beda.
|
|
Praktikan
|
Berbeda bagaimana?
|
|
Klien
|
Kalau berhitung, guru di bimbel saya pakai cara gampang Buk, jadi saya
cepat memahami. Kalau di sekolah kok saya ngrasanya panjang banget trus nggak
paham-paham.
|
|
Praktikan
|
Kalau untuk mapel selain berhitung apakah juga sama saja?
|
|
Klien
|
Yaaa nggak buk......Cuma berhitung aja saya ngrasanya.
|
|
Praktikan
|
Dari keterangan yang adek sampaikan, yang adek fikirkan saat ini
adalah tidak ingin membuat orang tua
adek kecewa, tetapi malah 2 les yang diikuti malah membuat adek bingung
karena cara penjelasannya berbeda. Sehingga nilai Mid adek malah turun, apa
benar begitu?
|
Memadukan informasi (sintesis)
|
Klien
|
Iya buk…benar begitu kok. Jadi malah bingung ikut les dua. Pagi udah
ikut pembinaan, pulang sekolah ada jam tambahan. Sore bimbel buk….
|
|
Praktikan
|
Baiklah…sekarang sudah dapat kita ketahui ya, bahwa adek menjadi malas
itu karena nilai Mid-nya kurang bagus, hal itu karena adek bingung dalam
memahami penjelasan dari guru yang mana. Bagaimana? Benar?
|
Merumuskan penyebab masalah (diagnosis)
|
Klien
|
Iya Buk. Cocok sekali deh..
|
|
Praktikan
|
Wajar kalau adek malah bingung. Nah untuk itu maka perlu dicari
pemecahan masalahnya
|
|
Klien
|
Baik Buk….saya juga nggak mau malah dibebani kaya gini.
|
|
Praktikan
|
Dek, sekarang mari coba kita pikirkan bagaimana caranya agar adek dapat
keluar dari beban yang membuat adek tidak nyaman
|
Mencari kemungkinan jalan keluar (prognosis)
|
Klien
|
Oke Buk….
|
|
Praktikan
|
Coba menurut adek apa jalan keluarnya?
|
|
Klien
|
Apa ya buk….emmmm…hehehe
|
|
Praktikan
|
Katakan saja Dek, tidak apa-apa….
|
|
Klien
|
Pengennya ikut les yang saya bisa cocok dengan gurunya Buk. Jadikan
nggak sia-sia saya belajarnya. Percuma dong saya les banyak tapi malah nggak
masuk di otak. Capek juga malahan buk.
|
|
Praktikan
|
Baik….ada cara lain lagi?
|
|
Klien
|
Iya itu buk…karena saya bisa menangkap pelajaran dengan baik kalau saya
nyaman dengan gurunya dan diterangkan dengan cara yang asik.
Kalau meningkatkan nilai bisa dengan belajar kelompok juga sih buk….saya
punya kelompok belajar kok.
|
|
Praktikan
|
Dari beberapa cara yang diungkapkan adek tersebut, mana yang paling
tepat dilakukan? Yang mana Dek?
|
Memilih jalan keluar yang tepat.
|
Klien
|
Itu Buk, untuk pelajaran berhitung saya lesnya dibimbel saja biar saya lebih fokus, kalau di sekolah
saya nggak ikut saja Buk, ikut yang bukan mapel berhitung aja.
|
|
Praktikan
|
Baik, saya sependapat….ternyata adek sudah memahami diri adek bagaimana
|
|
Klien
|
Iya Buk
|
|
Praktikan
|
Sekarang menurut Adek, rencana apa untuk memperlancar rencana yang
dipilih adek tadi?
|
Merencanakan jalan keluar
|
Klien
|
Saya harus bilang bapak Buk, biar bapak tahu. Tapi Buk,,,saya takut
kalau bapak marah
|
|
Praktikan
|
Kalau takut apakah masalah adek selesai?
|
|
Klien
|
Nggak sih buk, emmmm tapi bagaimana ya Buk….
|
|
Praktikan
|
Apakah hanya bapak saja yang bisa adek mintai pertimbangan?
|
|
Klien
|
Oiya Buk…mungkin ibu saya bisa membantu. iya nanti saya bilang sama ibu
dulu deh Buk…pasti ibu juga ngerti, dari pada saya malah nilainya jelek. Biar
ibu bilang ke bapak.
|
|
Praktikan
|
Kapan itu adek lakukan?
|
|
Klien
|
Nanti buk setelah sampai rumah…wong bapak ada di rumah kok Buk hari ini.
|
|
Praktikan
|
Baiklah sesuai rencana, adek akan mengatakan kepada orang tua adek
tentang rencana ini. Ada baiknya saat mengatakannya dengan bahasa yang halus
dan jelas, sehingga orang tua adek memahami keadaan adek.
Tentu saja belajar kelompoknya juga mesti dipertahankan ya.
|
Memberi pertolongan jalan keluar (Treatment)
|
Klien
|
Iya buk benar…masalah ngomong ke orang tua saya akan mencari waktu yang
pas.
|
|
Praktikan
|
Nah bagaimana perasaan adek sekarang?
|
Evaluasi (Follow up)
|
Klien
|
Yaa lega Buk..coba dari kemaren-kemaren, pasti nilai mid saya nggak kaya
gini
|
|
Praktikan
|
Dan kira-kira bagaimana diri adek nanti kalau saran-saran adek
dilaksanakan semua?
|
|
Klien
|
Wah saya pastinya lega Buk nggak perlu banyak-banyak ikut les tetapi
yang terpenting saya bisa belajar secara efektif. Seperti yang ibu jelaskan
di kelas kemarin itu.
|
|
PENUTUP
|
||
Praktikan
|
Iya…betul dek.
Nah kita sudah berbicara banyak hal ya di sini. Tadi adek bercerita
tentang permasalahan adek. Kemudia adek tadi juga sudah mengungkapkan dan
akan melakukan apa tadi?
|
Membuat kesimpulan
|
Klien
|
Tadi buk, saya seharusnya bilang sama orang tua, terutama bapak agar
bapak tahu permasalahan saya dan setidaknya menyetujui rencana saya
Dan kelompok belajar saya harus tetap saya aktifkan buk, biar bisa
saling melengkapi bersama teman-teman.
|
|
Praktikan
|
Ya..benar, dan ibu berharap adek bisa melaksanakannya seperti jalan
keluar-jalan keluar kemarin yang adek rencanakan
|
|
Klien
|
Iya Buk…siap Buk. Doakan saya ya Buk..
|
|
Praktikum
|
Iya dek…
Nah bagaimana sekarang? Pertemuan
ini diakhiri atau dilanjutkan lain kesempatan atau bagaimana?
|
Menutup pertemuan
|
Klien
|
Sudah Buk…wong saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan kok Buk.
Terimakasih sudah bersedia membantu saya ya Buk.
|
|
Praktikan
|
Sama-sama dek
|
|
Klien
|
Kalau ada apa-apa saya sms Ibu saja ya Buk. Ini saya mau pulang biar segera
ketemu ibu.
|
|
Praktikan
|
Iya dek…..hati-hati di jalan yaaa
|
Bagus Neng, Jiplak ya.... Hehehe...
BalasHapuswkwkwkwk silakan... semoga bermanfaat...
BalasHapusntaps
BalasHapusIzin mengcopy kaaa
BalasHapusIzin mengcopy kak 🙏
BalasHapus