Rabu, 14 Agustus 2013

PENAMPAKAN BINTANG DI SIANG HARI

Cerita ini serius lho...tanggal 12 Agustus kemarin pukul 08.14 AM (Jam 8 pagi) di rumah tercinta (Desa Sawit, Kelurahan Temboro, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri) tanpa sengaja ngeliat 2 buah titik bersinar cerah dilangit gak tau itu bintang atau malah planet ^^ (bukan ahli antariksa soalnya). Dengan kamera seadanya buru2 deh tuh mulai jeprat jepret langit...foto-foto berikut nggak diedit (cuma ditambah tanda panah merah biar gampang nyari apa yang saya maksud). biar tidak ada plagiat saya cantumkan email dan waktu+jam saat saya mengambil gambar ;D




Saya sudah mengubek-ubek (baca : mencari) tentang bintang yang bersinar di siang hari. tapi satu-satunya yang ketemu cuma matahari (matahari juga bintang kan?) hehehe jadi untuk sementara silakan melihat sendiri gambar-gambar saya dan saya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah.
Menurut Blog tetangga : yang mengulas tentang Kenapa Bintang tidak terlihat disiang hari? (dijelaskan)
Cahaya matahari mengakibatkan atmosfer menjadi terang karena cahaya matahari dibiaskan pertikel2 di atmosfer (polusi cahaya), anggap saja seperti sulitnya melihat bintang di kota besar yg terlalu banyak lampu. Beda dgn saat siang hari di bulan, kita bisa melihat bintang karena tidak ada atmosfer. langit di bulan tetap gelap saat siang hari. Namun ada kalanya bintang tetap terlihat di siang hari, misalnya saat meletusnya supernova(bintang yg meledak), hingga cahaya bintang tersebut jutaan kali lebih terang dari biasanya. Akibatnya cahaya bintang tersebut cukup terang untuk terlihat di siang hari.
Meskipun begitu, terkadang pada malam hari pun tidak semua bintang mempunyai cahaya yang mampu untuk sampai ke bumi, hal ini dkarenakan jaraknya yang sangat jauh dengan bumi. Karena jaraknya yang sangat jauh, semua bintang (kecuali Matahari) hanya tampak sebagai titik saja yang berkelap-kelip karena efek turbulensi atmosfer Bumi.
Selain itu, matahari adalah satu-satunya bintang terbesar yang berada paling dekat dengan bumi, yaitu dengan jarak sekitar 149,680,000 kilometer. Jika ditempuh dari bumi dengan jalan kaki saja memerlukan waktu 4000 tahun, trus kalo dgn kereta expres 85 tahun, dgn pesawat jet 17 tahun, hmm.. dgn roket saturnus lebih cepat lagi 3 tahun, dan dgn kecepatan cahaya hanya memerlukan waktu 8 menit 19 detik saja
.


Dari penjelasan di atas belum menjelaskan tentang bintang di siang hari selain matahari, sebab memang belum pernah liat. Nah kalo ada titik cerah di langit gini, adakah penjelasan? tolong #saya juga bingung
Mungkin nanti dari pembaca atau ilmuan yang (kesasar) membaca blog ini bisa menjelaskan fenomena yang saya tangkap ini. Sekali lagi saya berani bersumpah...foto ini asli dan jika menginginkan gambar asli bisa meng-email saya. 

 Saat itu saya tidak sempat terfikir untuk woro-woro kepada tetangga, cuma kepada keluarga saja. karena sudah keburu kagum (baca : gumun) ngeliat pemandangan yang tidak biasa tersebut.

 Dua titik cerah tersebut berada di langit sebelah Barat dan Barat Laut.....pada pagi itu cuaca cerah, sehingga dapat diamati dengan baik....Titik tersebut akhirnya tertutup awan (bukan hilang seperti UFO, hanya tertutup awan)







no : plagiat
yes : coment

.
nah kemaren sempet tanya sama yang lebih paham.... tanya sama  kingdom.enigma@gmail.com
begini jawabannya :
"Ada kemungkinan kalau yang kamu lihat itu Venus. bintang memang tidak terlihat pada hari terang, tapi kalau planet ia. Umumnya Venus dan Saturnus"
.
semoga bermanfaat yaaa


26 komentar:

  1. Saya baca artikel ini setelah saya browsing bintang di siang hari. Sekitar jam 10 pagi ini langit cerah tanpa awan sedikitpun saat saya jemput anak. Lalu saya lihat dua titik di langit sebelah barat daya yg semula saya kira parasut, namun anehnya kok tidak bergerak... Setelah saya perhatikan dg seksama muncul satu titik lagi sehingga membentuk formasi segitiga terbalik dg titik terbawah sangat jelas dan menurut perkiraan saya itu rasi bintang salib selatan dg titik ujung atas tidak kelihatan.. entahlah!

    BalasHapus
  2. Saya juga pernah mengalami fenomena tsb dan saya browsing terkait fenomena tsb saya tidak menemukan apapun,sampai sekarang saya masih penasaran

    BalasHapus
  3. Skarang sya sedang melihat benda tersebut tapi hanya satu dan sering berubah warna

    BalasHapus
  4. Saya jg menyaksikan hal itu tadi pg di palembang tepat di jam 7:30 sngat menakjubkan,, sibahanallah

    BalasHapus
  5. Tgl 26 juni pkl 14:00 saya liat sekitar 13 bintang dari langit SBY, sampai sekarang masih sering nampak cuma g sebanyak waktu tgl 26 juni 2017.

    BalasHapus
  6. 15 Juli 2018 15:00 . Ada 3 lebih entah bintang atau planet nampak di langit Klaten .. gw penasaran gimana kok bintang siang2 bisa keliatan .. soalnya jarang2 liat di siang hari

    BalasHapus
  7. sama saya juga melihat cahaya dilangit seperti cahaya bintang lebih dari 3 cahaya tepatnya di bayat Klaten sekitar jam 15.00 tanggal 15 Juni 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tanggal 15 juni 2018 sekitar pkl 15:00 memang keliatan mas dari jogja juga.. Saya pun melihatnya

      Hapus
  8. Kemarin tgl 15 Juni 2018 tepat hari raya idul Fitri saya melihat bintang bertaburan bukan satu atau dua bahkan yang saya lihat tak terhitung banyaknya layaknya penampakan bintang yang sering nampak tiap malam hari bahkan bentuk rasi bintang begitu jelas terlihat.

    BalasHapus
  9. Masukkan komentar Anda...h2 idul fitri di gunungkidul jam13:00 sampe sore masih ada. ada yg bergerak juga

    BalasHapus
  10. Tadi malam, entah ngelilir atau mimpi, dengan sangat jelas aku melihat bintang2 bertebaran di sekitar matahari, persis seperti malam hari dimana bintang2 bertebaran di sekitar bulan.

    Lalu aku googling and ketemu ini, salah satunya ����

    BalasHapus
  11. aku juga melihat bintang sekitr jam 9.00 tpi engga sempat abil gambarnya..di manado sulut.

    BalasHapus
  12. aku juga melihat bintang sekitr jam 9.00 tpi engga sempat abil gambarnya..di manado sulut.

    BalasHapus
  13. Barusan sya melihat bintang tapi hanya 1 tpatnya pukul 11:00 wita, di wilayah kotamobagu SULUT..

    BalasHapus
  14. Saya juga di ntt, lihat benda yang sama persis kayak di foto, pas sekitar jam 8 pagi di arah barat daya. Tapi anehnya benda itu nggak bergerak, kalo bumi berputar kan seharusnya benda itu kena pengaruh dan terlihat bergerak

    BalasHapus
  15. hari ini hari raya idul fitri 5 juni 2019 saya jg lihat bayak sekali bintang bertaburan bahkan lebih banyak dari pada malam hari

    BalasHapus
  16. Saya tadi bersama soudara juga melihat kemerlap bintang lumayan banyak di klaten jawa tengah mas tepatnya pukul 15:30. Subhanallah kuasa tuhan.🙏

    BalasHapus
  17. Banyak cahaya kecil dilangit pada siang hari

    BalasHapus
  18. 2 hari yg lalu,12 Juni 2019,saya juga melihat ada semacam bintang di langit.waktu itu ada 3 bintang dan saya masih bingung apa itu sebenarnya karena tidak ada artikel yang bisa menjelaskan dengan pasti tentang fenomena itu

    BalasHapus
  19. Kemarin siang aq jg melihatnya ada 2 seperti bintang berjejer terang posisi di di baturraden banyumas...aq sempat curiga soale masa pada siang hari muncul bintang ga mungkinkan...? Aq lihat terus sampai kurang lebih 15 menit dan posisi masih utuh dan ga bergerak atau bergeser....bagi yang tau tolong kasih tau dong penasan benda apakah itu...

    BalasHapus
  20. Wah berarti beberapa hari yg lalu yg saya liat tuhbeneran ada dan itu bisa jadi planet? Gila si genomena langka saya bisa liat langsung, dikira saya, saya itu halu karna pas saya liat dan ngasih tau ke 2 sodara saya gak pada liat tapi saya liat jelas, sumpah saya gak boong, itu kejadian 2020 bulan febuari tapi saya lupa tglnya dan itu sekitar jam 2an.... Wah hebatt

    BalasHapus
  21. Wah berarti beberapa hari yg lalu yg saya liat tuhbeneran ada dan itu bisa jadi planet? Gila si genomena langka saya bisa liat langsung, dikira saya, saya itu halu karna pas saya liat dan ngasih tau ke 2 sodara saya gak pada liat tapi saya liat jelas, sumpah saya gak boong, itu kejadian 2020 bulan febuari tapi saya lupa tglnya dan itu sekitar jam 2an.... Wah hebatt

    BalasHapus
  22. Hari ini tnggal 24 bulan 03 2020, saya melihat bintang sore hari di lombok NTB kabupaten lombok utara.sekitar jm 5 sore tapi saya gk bisa ambil gmbar karena ho saya lobet.

    BalasHapus
  23. Saya di Temanggung juga pernah liat waktu itu ada di arah tenggara dan juga gak berkedip² kaya bintang apa mungkin itu planet ya? Masih penasaran aja sampai sekarang itu apa??

    BalasHapus
  24. PD THN 1996 saya jg pernah melihat sktr jam stngh 12,sekitar 1 jengkal dr mata hari''pd THN 1995 ada surat edrn dr penjaga makam Rasul,,apabila terlihat bintang disiang hari,maka diantara 6000 entah 600 atau 60 ''sy udh lupa''muslim yg meninggal dunia hanya 1 yg msk surga,,
    Wallahuaklam bissyawaf

    BalasHapus
  25. Saya mau cerita tentang melihat bintang di siang hari tepat nya di hari raya idul fitri thn 2019 saya melihat satu bintang berjalan dan saya trus amati trnyata lebih dari 20 bintang semua berjalan. Dengan rasa penasaran saya trus amati dri jam 11.siang sampai jam 6 sore .dan cahaya itu berhnti di saat berposisi segi tiga .dan trnyata itu asli bintang semua berjalan. dan setelah itu munculah virus corona

    BalasHapus