Jumat, 23 Agustus 2013

SIPA DARI TAHUN KE TAHUN


SIPA (Solo International Performing Arts)


2010
Tema               : Kesenian Rakyat
Maskot            : Sruti Respati (Lambang untuk Dewi Sri)
Waktu             : 16-18 Juli 2010 di Pamedan Pura Mangkunegaran
Keterangan      : Pada acara pembukaan, juga menghadirkan maskot SIPA 2010 yakni, Dewi Sri yang diperankan Sruti Respati yang akan menyuguhkan kidung "mantra" bertanda pegelaran dimulai.
Peserta : Diikuti puluhan grup kesenian daerah lokal, juga akan dihadiri delegasi dari lima negara yakni Jerman, Malaysia, Jepang, Austria, India dan Timor Leste.

2011
Tema               : Kejayaan topeng
Maskot            : Paundrakarna
Waktu             : 1 hingga 3 Juli 2011
Keterangan      : Paundrakarna adalah putra sulung dari Mangkunegara IX dan Sukmawati Sukarnoputri dan juga cucu dari presiden pertama Indonesia, Soekarno.
Peserta             :.diisi dengan 16 tampilan   baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Belanda, India, Amerika, Korea, Rumania, dan Meksiko. SIPA 2011 akan menonjolkan eksotisme tarian topeng.






2012
Tema               : Save Our World, Better Future
Maskot            : GKR Timoer Rumbai Kusumadewayanti
Waktu             : 28-30 September 2012
Keterangan      : IPA 2012 menebarkan pesan cintai bumi dan lingkungan lewat seni pertunjukkan bertajuk Save Our World, Better Future. Diawali dengan tari-tarian alam oleh panitia dan sang maskot SIPA, GKR Timoer Rumbai Kusumadewayanti, Salah satu unsur gerakan gemulai pada Tari Bedaya dan Serimpi yang dibawakan Timoer malam itu memberikan kesan membumi.
Peserta : Penyaji dari dalam negeri adalah Independent Expression (Solo), Mugiyono Kasido (Solo), Sujiwo Tejo, SuvarnaBhumi (Yogyakarta), Teater Tetas (Jakarta), Kelompok Nyanyian Alam dan Krakatau Steel. Kelompok Nyanyian Alam yang dipimpin oleh Ully Sigar Rusadi akan tampil di awal acara. Penyaji dari luar negeri adalah Bantus Capoeira (Brazil), Eisa (Jepang), Guizhi Teater (Taiwan), Hohgabuku (Jepang), The Heliosphere (British Council) dan Teatro Bol-Anon Ug Kauban (Philipina).


2013
Tema               : The Legend: History of World Culture
Maskot            : 
Putri Jateng 2012, Rachel Georgea Sentani ditunjuk menjadi maskot Solo Performing Art (SIPA) 2013. Rachel akan mengenakan kostum dan menjadi seorang sosok wanita yang pernah memimpin Jawa Tengah di tahun 674 masehi, yakni Ratu Sima (sumber)
Putri Solo 2013, Ratih Kusuma Dewi, didaulat menjadi maskot yang memerankan tokoh Roro Jonggrang (sumber)
=> Waktu selesai nulis ini saya bingung kenapa maskotnya ada 2 di pencarian  yang berbeda, mungkin terjawabnya nanti pas acara tersebut digelar
Waktu             : 20-22 September 2013 di Benteng Vastenburg
Peserta : Pada SIPA 2013 ini terdapat 12 delegasi yang akan mengisi acara selama tiga hari. Wulan mengemukakan sebanyak tiga delegasi asal luar negeri dan empat delegasi dari dalam negeri telah memastikan kehadirannya. Delegasi yang dipastikan mengisi acara antara lain Ludens Dance Company (Jepang), seni musik asal Korea, dan perwakilan Universitas Negeri Sabah (Malaysia). Sedangkan dari dalam negeri ada Padnecwara (Jakarta), Monica Iswara (Solo), Nan Jombang (Sumatera Barat) dan perwakilan Universitas Negeri Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar