Senin, 02 Juni 2014

WASIR JAUH DENGAN OBAT AMPUH


Apa sih WASIR itu?
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu penyakit WASIR. Secara singkatnya WASIR merupakan sakit yang terjadi pada daerah anus. Nah kalau penjelasan secara ilmiahnya, WASIR merupakan keadaan di mana bibir anus mengalami pembengkakan akibat pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di daerah anus.

Apa-sajakah macam WASIR itu?
Bagi penderita WASIR mereka hanya tahu bahwa pada bagian anus sakit. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada 2 tipe WASIR, yaitu WASIR dalam dan WASIR luar. Dikatakan dalam dan luar karena dilihat dari dimana terjadinya pembengkakannya. Berikut penjelasannya :
WASIR DALAM : disebabkan karena pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir dan terjadi pembengkakan di dalam anus. Jadi pembengkakannya terjadi di dalam anus, sehingga tidak begitu tampak dari luar.
WASIR LUAR : disebabkan karena pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar anus dan pembengkakan itu menonjol keluar dari rektum sehingga terlihat di sekitar anus.
                                     
Mengapa bisa terjadi WASIR?
Tahukah Anda bahwa penekanan feses yang keras pada usus disertai pemaksaan pada waktu BAB mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena yang berakibat WASIR lho. Akibatnya area anus terasa sakit.
WASIR juga dapat terjadi jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut duduk terlalu lama. Bahkan jika hubungan seks melalui anus juga akan terjadi WASIR.
Penyebab lain yang dapat memicu WASIR adalah stres. Ternyata stress berpengaruh besar terhadap kesehatan manusia bukan? Lalu apa hubungan antara stress dan WASIR? Stres tersebut menyebabkan gangguan pada organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar endokrin sehingga mengakibatkan sembelit. Apabila terjadi sembelin berkepanjangan maka selanjutnya berakibat WASIR.

Bagimanakah caranya agar tidak terkena WASIR?
Nah jika tidak ingin terjadi wasir maupun tidak ingin sakit wasir kambuh kembali. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang pernah sebagai penderita maupun Anda yang bukan penderita, setidaknya lakukan tiga hal berikut:
Menjaga pola makan
Berat badan yang berlebihan juga menjadi salah satu pemicu terjadinya wasir lho. Makanya mulai saat ini diet ya. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Minum air putih secara teratur dan hindari terlalu banyak mengonsumsi merica dan cabai. Terlalu banyak mengkonsumsi merica dan cabai akan membuat anus panas saat BAB.
BAB secara teratur
Menahan BAB adalah salah satu kebiasaan buruk lho. Makanya ingat jangan terlalu sering menahan BAB karena itu juga merupakan pemicu terjadinya wasir. Dan satu hal yang juga penting adalah jangan dipaksa apabila saat BAB tinja susah keluar. Perbaiki pola makan Anda, jika tinja keras berarti menunjukkan bahwa makanan yang anda makan kurang serat.
Olahraga secara teratur
Sudah sejak lama jika olahraga terbukti ambuh untuk menghindari diri dari berbagai macam penyakit. Sempatkan kurang lebih 15 menit untuk berolahraga ya. Agar badan sehat terhindar dari penyakit wasir.

Jika Penyebab WASIR diabaikan apakah berbahaya?
Ya, jelas berbahaya. Apabila pola hidup sudah salah dan Anda melakukan salah satu pemicu wasir maka akibatnya pembuluh darah dalam unus membesar serta membengkak. Jika hal tersebut dibiarkan, maka  akan terjadi perdarahan. Dan yang harus dilakukan adalah Mengkonsumsi OBAT-OBATAN DOKTER atau OPERASI.

Apabila sudah terlanjur WASIR, adakah Cara Mengobatinya Selain dengan Obat-Obat Kimia dan Operasi?
ADA! WASIR memang menyakitkan, tetapi sebenarnya akan sembuh dengan melakukan pengobatan secara teratur atau melakukan pencegahan sebelum WASIR menjadi semakin parah. Nah…Banyak orang yang takut melakukan operasi karena sakit dan terlalu banyak biaya. Ada juga yang terlalu takut mengkonsumsi obat-obatan kimia karena kekhawatiran terhadap efek samping obat.
Jangan khawatir, kali ini akan dibahas pengobatan alami agar WASIR pergi jauh dari hidup Anda. Tidak perlu cemas sebab pengobatan yang akan dibahas menggunakan tumbuh-tumbuhan alami yang berada di sekitar kita. Yuk mari kita bahas satu persatu.
DAUN ILER (Coleus scutellarioides (L.) Benth)
Kandungan :
Daun Iler memiliki kandungan yang banyak sekali, salah satunya adalah minyak atsiri: diantaranya eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil saliailat menghambat iritasi, karvakrol yang bersifat antibiotik. Selain itu daun iler juga mengandung sedikit lendir.
RESEP 1 :
 Ambil ±17 helai daun iler yang sudah dicuci bersih
Masukkan dalam panci dan rebus dengan ±2 gelas air bersih
Biarkan hingga menyusut sampai airnya tinggal setengah.
Minum sekali sehari.
RESEP 2 :
Ambil ±50 gram daun iler segar dan cuci hingga bersih
Tambahkan 4 gelas air
Panaskan ±15 menit hingga mendidih
Tambahkan 10gram gula merah dan diaduk sampai rata
Biarkan hingga dingin, Saring dan minum sekali sehari sebelum makan

DAUN PEGAGAN atau TAPAL KUDA (Centella asiatica, (Linn), Urb.)
Kandungan :
Daun pegagan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Antara lain tanin, natrium, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, dll. Pada daun pegagan memiliki kandungan asiacitoside yang bersifat antilepra serta dapat penyembuh luka.
RESEP 1 :
Ambil ±100 gram pegagan segar beserta akarnya
Cuci hingga bersih dan tambahkan 4 gelas air
Rebus hingga mendidih
Biarkan hingga dingin dan saring
Minum sekali sehari sebelum makan
RESEP 2 :
Ambil ±30 gram daun pegagan segar
±360 gram usus sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong
Masak kedua bahan tersebut dengan cara ditim
Tidak perlu diberi bumbu
Masak hingga matang
Air rebusan diminum sekali sehari
Usus-nya boleh dikonsumsi

SOSOR BEBEK (Kalanchoe pirnata (lamk.) pers.)
Kandungan :
Sosor bebek memliki kandungan asam lemon, tannin, asam apel, vitamin C, quercetin-3 diarabinoside, bryophyllin, dan kaempferol-3-glukoside
RESEP 1 :
Ambil ±50 gram sosor bebek segar dan cuci hingga bersih
Rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa separuhnya saja
Biarkan hingga dingin
Saring dan minum air rebusan sekaligus setiap hari hingga sembuh
RESEP 2 :
Ambil daun sosor bebek secukupnya
Daun sosor bebek dicuci bersih, diangin-anginkan sampai kering,
Daun sosor bebek yang telah kering ditumbuk halus menjadi bubuk.
Pemakaian mudah yaitu :
1 sendok makan bubuk sosor bebek diseduh dengan air panas ±3/4 cangkir
Tambahkan madu 1 sendok makan
Minum hangat-hangat, sehari 3 kali secara rutin sampai sembuh.

BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.)
Kandungan :
Bayam Duri sangat kaya akan kandungan kimia antara lain rutin, amarantin, kalium nitrat, piridoksin, besi, garam-garam fosfat, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K.
RESEP 1 :
Daun serta batang bayam duri dicuci bersih dan dipotong-potong
Tambahkan air sampai daun dan batang bayam terendam seluruhnya
Rebus sampai mendidih selama ±15 menit.
Tambahkan sedikit garam
Biarkan sampai hangat
Gunakan untuk mencuci dan mengompres anus yang sakit
RESEP 2 :
Ambil daun dan batang bayam duri secukupnya
Cuci bersih dan rebus hingga mendidih
Ambil bayam dan batang dari dalam air yang sudah mendidih
Taruh air rebusan bayam dalam baskom/ember
Gunakan uap yang keluar untuk menguapi  wasir
Air rebusan yang sudah hangat digunakan untuk merendam wasir
Lakukan secara teratur hingga sembuh

TAPAK LIMAN (Elephantopus scaber.)
Kandungan :
Di dalam tanaman Tapak Liman terdapat beberapa zat yang berkhasiat sebagai antiradang, antibiotic, pereda demam (antipiretik), peluruh dahak, peluruh haid, peluruh kencing (diuretik), afrodisak, menghilangkan bengkak, penawar racun (detoksikan), pelembut kulit dan mempercepat pengeluaran nanah.
RESEP :
Ambil tanaman tapak liman segar secukupnya
Tambahkan ±3 liter air bersih
Rebuslah air dan tanaman tapak liman hingga mendidih
Biarkan rebusan tapak liman menjadi hangat
Gunakan untuk merendam wasir
Lakukan rutin maka wasir akan segera sembuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar